Subscribe Us

Open Trip Gunung Semeru - Porter dan Mountain Guide

Open Trip PorterGunung Semeru
Open Trip PorterGunung Semeru

PorterGunung Semeru - Jalur Pendakian Ranu Pane, Jeep Tumpang ke Ranu Pane, Paket Pendakian Semeru Murah, Open Trip Ranu Kumbolo dan Simaksi Online


Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan Gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 mdpl. Karena menjadi Gunung tertinggi di Pulau Jawa maka banyak pendaki baik domestik ataupun mancanegara mengidamkan untuk menginjakkan kakinya di Puncak Gunung Semeru yang biasa kita sebut dengan Puncak Mahameru.

Gunung Semeru di kelola langsung oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau yang biasa disingkat dengan TNBTS. Dengan kata lain pengaturan Gunung Semeru berbarengan dengan Gunung Bromo yang menjadi daya pikat ketika mengunjungi Kota Malang, Probolinggo, Pasuruan dan Lumajang,

Di dalam kawasan Gunung Semeru terdapat beberapa Danau yang biasa disebut dengan Ranu. Diantara yang terkenal adalah Danau Ranu Kumbolo dan Danau Ranu Pane serta Ranu Regulo.

Selain hal tersebut ada padang savana Verbena di sekitar Oro Oro Ombo yang berbunga keunguan, namun dibalik keindahannya menjadi parasit tanaman sekitar.
 
Daya tarik lainnya adalah keberadaan Kawah Semeru yakni Jonggring Saloko yang terletak kurang lebih 1 km dari Puncak Gunung Semeru. Jadi memang salah satu keindahan Gunung Semeru Kawah tidak terletak tepat di puncak Gunung, melainkan berjarak kurang lebih 1 km dari puncak.
 
PERINGATAN !!!
Mengingat banyaknya bahaya yang terjadi ketika melanjutkan pendakian ke Puncak Mahameru maka Pihak Taman Nasiobal Bromo Tengger Semeru ( TNBTS ) memberikan batas pendakian sampai Puncak Kalimati saja.
 
Apabila melanjutkan pendakian ke Puncak Mahameru maka semua resiko dan tanggung jawab dikembalikan kepada pendaki dan dinyatakan dalam surat pernyataan bermaterai sebelum simaksi pendakian turun.

Demikianlah sekilas tentang Gunung Semeru dan Pengelolaannya.
Untuk selanjutnya bagi yang ingin mendaki Gunung Semeru diharuskan untuk mempunyai Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi atau yang biasa disebut dengan SIMAKSI. Per Oktober 2018 Pengelola Gunung Semeru TNBTS sudah mengharuskan pendaki untuk mengurus SIMAKSI secara Online sehingga bagi yang kedapatan memaksakan mendaki tanpa memiliki SIMAKSI merupakan pendaki yang ilegal.

Aturan untuk memperoleh SIMAKSI setiap waktu ada perubahan sehingga konsultasi adalah cara terbaik untuk mempersiapkan pendakian.

SIMAKSI dapat diperoleh dengan mengunjungi website resmi TNBTS kemudian mengisi data dan menrasnfer atau menggunakan pihak ketiga melalui event organizer yang dipercaya.

Apabila Anda termasuk pendaki yang tidak ingin repot dan ribet maka Anda dapat menghubungi kami karena kami siap membantu kebutuhan Anda.

Dari mempersiapkan

  • Simaksi Pendakian
  • Jeep Pendakian
  • Logistik Pendakian
  • Materai
  • Perlengkapan Pendakian
  • Porter Pendakian
  • Guide Pendakian
  • Paket Wisata Pendakian Gunung
  • Dan hal hal lain yang dapat kami usahakan. 

In Syaa Allah kami amanah dalam melayani Anda.

Posting Komentar

0 Komentar